MENGENALKAN ISLAM KEPADA ANAK SEJAK DINI

Punya anak tuh, senang banget ya Bu?

Ada yang membuat seneng kadang ya bikin sebelnya sampai dongkol. Ya namanya juga anak-anak mereka hanya mengenal istilah main dan bersenang-senang. Jadi janganlah membuat ibu jadi makin puyeng ya.

Memiliki anak tuh berarti kita sebagai orang tua memiliki harapan agar kelak anak menjadi penolong kita saat ajal menjemput. Anak menjadi tiket ke surga untuk orang tua nya, apa mungkin? Bisa saja donk asalkan orang tua sudah mengenalkan islam dari mereka kecil. Masih ingat kan pelajaran kita dari SD kalau ada 3 amalan yang akan menolong saat meninggal, yaitu:

  1. Amal jariyah
  2. ilmu yang bermanfaat
  3. Doa anak shaleh

Mengenalkan islam sejak dini buka hal yang sulit masuk saja ke dunia mereka, dunia bermain. Ketika ingin mengenal dan dekat dengan anak-anak kita janganlah orang tua hanya memerintah dan melarang. Bermainlah bersama, bercandalah dan berbincang tentang semua hal. Memang menjadi orang tua berarti kita mempelajari banyak ilmu termasuk ilmu belajar gila. Kok bisa??

Belajar gila disini bukan berarti orang tua terus tertawa sendiri, bicara sendiri dan guling-guling loh. Namun, cenderung untuk tidak malu meninggalkan ego sebagai manusia dewasa. Tidak malu untuk bermain bersama berlaku seperti anak kecil, membuat muka lucu saat mendongeng, menari bersama dan lain sebagainya.

Anak-anak terutama yang berusia balita adalah masa golden age. Masa emas dimana dimasa ini adalah masa mereka merekam banyak hal, mempelajari banyak hal. Jadi jangan dijejali dengan kebiasaan orang tua yang aneh-aneh ya? Berkomunikasilah dengan bahasa yang baik. Dan pada masa inilah kita mulai bisa mengenalkan islam pada mereka. Ada beberapa cara mudah untuk mengenalkan mereka pada Islam antara lain:

  1.         Memperdengarkan lagu-lagu islam dan shalawat
  2.        Rutin mendengarkan ayat suci Al Quran
  3.       Jadilah contoh yang baik untuk anak. Jangan hanya menasehati namun diri sendiri melanggar dengan melakukan hal yang dilarang tersebut.
  4.        Ajaklah sholat berjamaah tepat waktu
  5.       Mendongeng tentang Nabi dan karuania Alloh
  6.       Melatih anak untuk selalu bersyukur dengan cara memperkenalkan dengan semua ciptaan Alloh SWT yang Maha Indah
  7.       Belajar doa sehari-hari dan surat pendek Al Quran
  8.       Untuk anak perempuan dilatih berhijab saat keluar rumah

Banyak cara sebenarnya tinggal memanfaatkan bagaimana kreativitas orang tua. Dan jangan lupa loh praktek dan praktek setiap hari pada anak sangat mempengaruhi. Kita tahu ilmunya tapi hanya dibaca ya sudah akhirnya nguap deh….xixiixiiii

Kalau Ahza, cewek cantikku yang berumur 2 tahun ini dulu pas waktu kecilnya susah sekali pakai jilbabnya, pakai topi saja langsung dicopot. Tapi alhamdulillah sekarang berangsur-angsur mau pakai, mungkin karena sudah semakin ngerti kali ya…? Tapi memang pinter kok anak ini bisa milih mana jilbab yang nyaman buat Ahza mana yang bikin gerah. Ini yang lagi rekomended ma Ahza katanya keyen embu…mau itu, pas ngeliat foto jilbabnya. Apalagi pas lihat foto diinstagramnya bikin mupeng mana lagi ada cash back 20%.

Jilbab untuk anak itu yang bagus yang bahannya adem, lentur dan nyaman dipakai. Selain itu kainnya tidak gampang luntur dan mbrudul pasti kita gak mau kalau anak kita memakai jilbab nya membuat mereka tidak nyaman. Kalau itu terjadi yang ada mereka kapok gak mau pakai jilbab lagi. Jilbab kece dan keren sesuai spesifikasi diatas bisa dibeli di zhafa hijab kids. Apalagi kalau ada yang cacat kita bisa retur juga dan garansi 100% uang kembali kalau barangnya tidak sampai ke alamat yang dituju. Ada juga aneka produk handmade keren yang menggoda bisa request untuk couple an ma Ahza juga.

Untuk keterangan lebih lengkap bisa menghubungi :

Mbak Maria Ulfa

Wa 085785412266

Bbm 5E228A7D

www.instagram.com/zhafa.hijabkids

www.instagram.com/zhafacraft

www.facebook.com/zhafakids

Tentang Maduretno

MaduretnoLahir di Tulungagung, Jawa Timur Ibu Rumah Tangga dengan seorang putri yang bersemangat menunjukkan kalau IRT bisa sukses di rumah Menulis dan berbisnis adalah hal menyenangkan dan membawa banyak berkah Menjadi Kontributor EmakPintar.Asia dan menghhias blog menjadi favorit baru penghilang lelah dan berbagi berkah ilmu
Tulisan ini dipublikasikan di Personal and Lyfestyle dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.