Pantai Gemah Keindahan Alam yang Semakin Diminati

Saya sangat bersyukur ketika akhir-akhir ini wisata di Tulungagung semakin maju dan dikenal oleh banyak pihak. Dahulu rasanya ngenes saat melihat potensi wisata yang besar terlantar begitu saja oleh pemerintah daerah. Lagi-lagi terdengar kabar kalau tidak ada investor yang mau membantu mengelola potensi itu.

Tapi itu dulu, sekarang wisata di Tulungagung sudah berkembang sangat pesat kalau saya boleh bicara. Banyak yang mulai meng-upload fotonya saat berkunjung di pantai, gunung atau wisata yang lain. Soalnya sekarang tidak wisata alam yang sedang booming tempat wisata perkebunan atau peternakan mulai bermunculan. Saat lagi nge-hits film Hobbit, wisata rumah hobbit ikut bermunculan. Sampai akhirnya tahun 2017 lalu baru ada wisata baru di Tulungagung namanya Kampung Hobbit.

Begitu juga dengan pantai, semakin banyak orang menemukan keindahan dari pesisir yang ada di Tulungagung ini. Apalagi saat proyek JLS (Jalur Lintas Selatas) yang direncanakan untuk mengurangi kemacetan kendaraan di Pulau Jawa ini berlangsung dan sudah ada beberapa bagian yang sudah selesai. Banyak orang yang penasaran dengan proyek ini. Apalagi proyek ini bisa menjadi akses yang istimewa untuk pantai Gemah, semakin mengundang orang untuk datang. Tak terkecuali saya… yang juga merasakan juga rasa penasaran itu.

Akhirnya saat semua keluarga bisa berkumpul. Kita buat rencana pergi ke Pantai Gemah dan melihat JLS yang kata orang sebuah jalan baru yang istimewa. Pantai Gemah terletak di Desa Keboireng, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini berada di sisi selatan Pulau Jawa.

Waktu yang ditempuh dari pusat kota Tulungagung sampai ke lokasi sekitar 1 jam perjalanan. Namun, Anda perlu berhati-hati ya! Pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi fit dan bahan bakar full karena jika sudah memasuki area JLS tidak ada bengkel atau SPBU. Jalan yang dilalui termasuk sangat lancar apalagi kalau sudah memasuki kawasan Jalur Lintas Selatan. Jalan yang masih mulus membuat orang yang berkendara bisa keasyikan untuk menambah kecepatannya.

          

Tapi, kalau saya menyarankan sih jangan karena sayang kalau melewatkan pemandangan di kanan kiri jalan ini. Saya sangat excited saat melihat dari jalan permukaan biru air laut dari Pantai Gemah ini. Tentu saja ini sangat memanjakan mata karena menurut saya jarang ada pantai dengan lokasi yang unik seperti ini.

Setelah sampai di lokasi Pantai Gemah, saya hanya dikenakan biaya parkir Rp 10.000,- karena menggunakan mobil. Sedangkan, untuk yang menggunakan sepeda motor akan dikenakan tarif 5000 rupiah. Tarif yang sangat terjangkau memang.

Saat musim liburan pantai ini lumayan penuh dengan pengunjung. Mereka biasanya datang bersama keluarga untuk menikmati pantai ini. Menggelar tikar di atas pasir dan duduk dibawah pohon sambil memandang indahnya pantai. Sungguh nikmat …

       

Kalau Anda lupa tidak membawa tikar maka jangan khawatir karena disana  banyak orang yang menyewakan. Mau makan siang dengan ikan bakar yang segar pun Anda bisa langsung membelinya dan meminta sang pemilik warung makan untuk membakarkannya. Jika nanti pulang dan ingin oleh-oleh, sudah banyak warga sekitar yang membuka kios oleh-oleh seperti topi, layang-layang, ikan asap, baju dan lain sebagainya. Jadi, tak perlu repot lagi.

Setelah puas bersantai dan makan, maka tidak ada salahnya menikmati ombak Pantai Gemah dengan menaiki perahu. Di sana banyak perahu yang disewakan dengan tarif Rp 20.000 per orang Anda sudah bisa diajak berkeliling pantai cantik ini. Kalau takut naik perahu maka cobalah naik ATV yang sengaja disewakan dengan tarif Rp 20.000 per 20 menit. Jika ingin bermain-main saja di pasirnya yang coklat, boleh saja. Namun, tetap berhati-hati dengan datangnya ombak. Walaupun ombak Pantai Gemah terlihat tenang dan tak berbahaya.

Kini Pantai ini juga telah menambah fasilitasnya untuk mengundang lebih banyak wisatawan. Baru-baru ini flying fox dan banana boat telah ditambahkan sebagai fasilitas baru dengan tarif yang terjangkau tentunya yaitu Rp 20.000 saja.

Pantai ini menghadap ke timur, dengan ujung utara dan selatan berupa tebing batu eksotis. Banyak spot foto yang bisa menghasilkan gambar cantik dan instagramable. Nah, saya juga nggak mau kalah. Mumpung datang bersama keluarga mengabadikan momen saya rasa jadi hal yang perlu. Tidak hanya untuk wisatawan namun Anda datang untuk memancing pun boleh sambil bersantai di atas batu karang yang besar.

      

Saat berwisata kita boleh makan dan minum, tetapi harus diingat tetaplah membuang sampah pada tempatnya. Sayangnya belum banyak tempat sampah yang disediakan di sana sehingga ada beberapa kemasan makanan yang tercecer.

Kalau tidak melihat tempat sampah maka bawalah sampah Anda pulang. Biarlah pantai ini tetap indah dan anak cucu kita bisa terus menikmati keindahannya.

Tentang Maduretno

MaduretnoLahir di Tulungagung, Jawa Timur Ibu Rumah Tangga dengan seorang putri yang bersemangat menunjukkan kalau IRT bisa sukses di rumah Menulis dan berbisnis adalah hal menyenangkan dan membawa banyak berkah Menjadi Kontributor EmakPintar.Asia dan menghhias blog menjadi favorit baru penghilang lelah dan berbagi berkah ilmu
Tulisan ini dipublikasikan di Travelling dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

35 Balasan ke Pantai Gemah Keindahan Alam yang Semakin Diminati

  1. Aku belum pernah ke pantai ini, tetapi aku pernah lewat Mba 😀
    Flying foxnya bikin pengen nyoba. Tapi takut ketinggian hehehe

  2. Astin Astanti berkata:

    Seru banget ya main di pantai dan bonusnya pemandangannya indah. Anakku suka banget pantai, jd setiap pulang kampung ke Cilacap, pasti minta ke pantai. Tapi ini pantainya seru ya mbak, ada wahana permainannya

  3. Nchie Hanie berkata:

    Waah sekarang wisata2 di daerah mulai rame dan digalakkan ya, aplagi dengan adanya blogger2 daerah dan genpi ikut membantu mempromosikannya. Yah siapa lagi kalo bukan kita yang explore keindahannya.

    Ahh, aku mau flying fox!

  4. Halo Mbak,
    Saya asli Kediri, jadi kalau pulang kampung pasti kalau ke pantai ya ke Tulungagung atau Trenggalek..
    Pergi rombongan sama keluarga, kadang nyewa bis juga hahaha..seru!
    Tapi saya belum ke pantai Gemah ini. Next mudik bisa dikunjungi ini..Thanks sharingnya yaaa

  5. Aku suka berendem di air tapi nggak bisa renang, tapi kalau liat laut bawaannya pengen nyemplung. Yakin nggak yakin naik flying fox, takut ketinggian sih

  6. wahh saya belum pernah main ke tulungagung. Pantai gemah ini recommended banget ya buat didatangi

  7. Nova DW berkata:

    Liburan kemarin sempat ke Pantai Gemah, Tulungagung ini. Sayangnya rame banget (namanya juga liburan), jadi kurang bisa menikmati indahnya pemandangan. Tapi viewnya memang bagus kok 🙂

  8. indiRa berkata:

    Pengen ke Tulungagung ketemi Mbak Mafu. Saya belum pernah kesanaaa, keren iiih pantainya bersih

  9. Nova Violita berkata:

    Namanya main ke pantai…itu pasti bikin happy banget..liat laut.., apalagi gak begitu ramai..jadi kelihatan lebih bersih…alami gitu..

  10. Nita Oktifa berkata:

    Pengen ke kampung Hobbit… saya belum pernah ke sana.

  11. Damar Aisyah berkata:

    Industri wisata benar-benar menggeluat ya Mbak. Hampir semua daerah punya tempat wisata baru. Ini kabar gembira untuk daerah masing2

  12. Laila berkata:

    Penasaran sama pantai ini. Mumpung saya masih di Jatim, pingin ngunjungi, hehe…

  13. Srie Ningsih berkata:

    Waah…keren ya pantainya. Wisata indonesia emang ga kalah sama negara.lain.

  14. Yasinta Astuti berkata:

    Wih seru ya mbak, ada wahana lain jga. Dan yang penting harga tiketnya ramah kantong banget ya

  15. Amerinny berkata:

    Wow tempatnya indah sekali, sebelah mana tempatnya? Kalo mau kesana.

  16. Anindita Ayu berkata:

    Pantainya bagus.. Ah mau nyobain flying foxnya..

  17. Asyik ya bisa main2 ke Pantai Tulungagung.. Sebagai penyuka pantai saya bisa membayangkan koq indahnya pantai Tulungagung..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.