MENGENALKAN ISLAM KEPADA ANAK SEJAK DINI

Punya anak tuh, senang banget ya Bu?

Ada yang membuat seneng kadang ya bikin sebelnya sampai dongkol. Ya namanya juga anak-anak mereka hanya mengenal istilah main dan bersenang-senang. Jadi janganlah membuat ibu jadi makin puyeng ya.

Memiliki anak tuh berarti kita sebagai orang tua memiliki harapan agar kelak anak menjadi penolong kita saat ajal menjemput. Anak menjadi tiket ke surga untuk orang tua nya, apa mungkin? Bisa saja donk asalkan orang tua sudah mengenalkan islam dari mereka kecil. Masih ingat kan pelajaran kita dari SD kalau ada 3 amalan yang akan menolong saat meninggal, yaitu:

  1. Amal jariyah
  2. ilmu yang bermanfaat
  3. Doa anak shaleh

Mengenalkan islam sejak dini buka hal yang sulit masuk saja ke dunia mereka, dunia bermain. Ketika ingin mengenal dan dekat dengan anak-anak kita janganlah orang tua hanya memerintah dan melarang. Bermainlah bersama, bercandalah dan berbincang tentang semua hal. Memang menjadi orang tua berarti kita mempelajari banyak ilmu termasuk ilmu belajar gila. Kok bisa??

Belajar gila disini bukan berarti orang tua terus tertawa sendiri, bicara sendiri dan guling-guling loh. Namun, cenderung untuk tidak malu meninggalkan ego sebagai manusia dewasa. Tidak malu untuk bermain bersama berlaku seperti anak kecil, membuat muka lucu saat mendongeng, menari bersama dan lain sebagainya.

Anak-anak terutama yang berusia balita adalah masa golden age. Masa emas dimana dimasa ini adalah masa mereka merekam banyak hal, mempelajari banyak hal. Jadi jangan dijejali dengan kebiasaan orang tua yang aneh-aneh ya? Berkomunikasilah dengan bahasa yang baik. Dan pada masa inilah kita mulai bisa mengenalkan islam pada mereka. Ada beberapa cara mudah untuk mengenalkan mereka pada Islam antara lain:

  1.         Memperdengarkan lagu-lagu islam dan shalawat
  2.        Rutin mendengarkan ayat suci Al Quran
  3.       Jadilah contoh yang baik untuk anak. Jangan hanya menasehati namun diri sendiri melanggar dengan melakukan hal yang dilarang tersebut.
  4.        Ajaklah sholat berjamaah tepat waktu
  5.       Mendongeng tentang Nabi dan karuania Alloh
  6.       Melatih anak untuk selalu bersyukur dengan cara memperkenalkan dengan semua ciptaan Alloh SWT yang Maha Indah
  7.       Belajar doa sehari-hari dan surat pendek Al Quran
  8.       Untuk anak perempuan dilatih berhijab saat keluar rumah

Banyak cara sebenarnya tinggal memanfaatkan bagaimana kreativitas orang tua. Dan jangan lupa loh praktek dan praktek setiap hari pada anak sangat mempengaruhi. Kita tahu ilmunya tapi hanya dibaca ya sudah akhirnya nguap deh….xixiixiiii

Kalau Ahza, cewek cantikku yang berumur 2 tahun ini dulu pas waktu kecilnya susah sekali pakai jilbabnya, pakai topi saja langsung dicopot. Tapi alhamdulillah sekarang berangsur-angsur mau pakai, mungkin karena sudah semakin ngerti kali ya…? Tapi memang pinter kok anak ini bisa milih mana jilbab yang nyaman buat Ahza mana yang bikin gerah. Ini yang lagi rekomended ma Ahza katanya keyen embu…mau itu, pas ngeliat foto jilbabnya. Apalagi pas lihat foto diinstagramnya bikin mupeng mana lagi ada cash back 20%.

Jilbab untuk anak itu yang bagus yang bahannya adem, lentur dan nyaman dipakai. Selain itu kainnya tidak gampang luntur dan mbrudul pasti kita gak mau kalau anak kita memakai jilbab nya membuat mereka tidak nyaman. Kalau itu terjadi yang ada mereka kapok gak mau pakai jilbab lagi. Jilbab kece dan keren sesuai spesifikasi diatas bisa dibeli di zhafa hijab kids. Apalagi kalau ada yang cacat kita bisa retur juga dan garansi 100% uang kembali kalau barangnya tidak sampai ke alamat yang dituju. Ada juga aneka produk handmade keren yang menggoda bisa request untuk couple an ma Ahza juga.

Untuk keterangan lebih lengkap bisa menghubungi :

Mbak Maria Ulfa

Wa 085785412266

Bbm 5E228A7D

www.instagram.com/zhafa.hijabkids

www.instagram.com/zhafacraft

www.facebook.com/zhafakids

KUTEMUKAN DIRIKU SAAT MENULIS

Menulis bagi kebanyakan orang mungkin bukan hal yang mudah. Padahal kegiatan ini hanya butuh menuangkan ide kedalam kertas kenapa banyak yang membuat hal semudah itu menjadi sulit. Menulis hanya butuh kebiasaan.

Wanita memiliki banyak rasa yang bisa dicurahkan, mereka menyimpan sejuta pesona dan perasaan yang bisa menjadi segudang ide untuk menulis. Saat membaca, mendengarkan, melihat bahkan saat teringat pengalaman hidup yang sudah berlalu akan menjadi suatu bahan menulis yang menakjubkan.

Awalnya saya menulis hanya untuk mengikuti sebuah lomba antologi menulis buku. Saya akui hanya menulis berdasarkan keinginan ingin menang semata tanpa mempedulikan kemampuan menulis yang seadanya. Ya… bisa dibilang saya tu memiliki kadar cuek dan percaya diri yang tinggi. Bisa dipastikan lawan yang mengikuti lomba antologi memang sudah lama berkecimpung dalam dunia tulis menulis, sudah banyak yang membuat buku, berpengalaman dalam menulis artikel dan blog. Lha saya apalah atuh… hanya pemula yang mencoba peruntungan. Tapi ya sudahlah lanjut saja dengan percaya diri saya membuat 3 artikel dan alhamdulillah semua tidak lolos.

Saat membaca pengumumannya apa saya kecewa? Iya dong kecewa karena pasti ada keinginan untuk menang, tapi saya sadar diri lawan memang layak mendapatkan apresiasi lebih karena tulisan mereka memang bagus, menyentuh dan menuliskan dengan hati. Setelah mengenal dunia menulis saya semakin penasaran bagaimana itu menulis. Apalagi menulis dengan hati apa maksudnya? Apa tujuan saya menulis? Sekedar mengikuti lomba, mencurahkan perasaaan atau untuk berbagi informasi?

Saya menggali terus alasan kenapa saya merasa penasaran dengan dunia menulis. Sebuah dunia yang siapa saja mampu masuk kedalamnya. Akhirnya semua alasan yang sempat terbersit menjadi suatu semangat untuk terus menulis, terus berbagi dan menjadi sebuah langkah untuk mewujudkan impian juga. Banyak kata yang terangkai dan banyak kalimat teruntai yang semakin membuat hati semakin lega.

Saya semakin percaya diri saat menuliskan sesuatu, apa yang saya lakukan terasa tidak sia-sia walaupun saya hanya seorang ibu rumah tangga yang dunianya berkutat dengan anak, rumah dan keluarga. Selama 2 tahun terakhir saya merasa kudet (kurang update), separuh dunia saya hilang saat memutuskan untuk resign dari kerja sebagai karyawan. Namun pada dasarnya saya itu orang yang tidak mau diam, saya ingin membuktikan terutama kepada keluarga saya sendiri bahwa seorang ibu walaupun dunianya hanya seputar keluarga bisa sukses dan mandiri secara finansial.

Rasa percaya diri saya semakin terpupuk juga saat memutuskan untuk berhijab, sebuah langkah untuk berubah lebih baik. Dengan berhijab rasanya Alloh SWT seperti memeluk saya dimanapun berada, memakai hijab serasa ada usapan lembut diwajah yang mengatakan” Percayalah kau tak sendiri ada aku disampingmu”.

Ketika menemukan dunia baru dimana saya merasa hidup semakin berwarna maka rasa percaya diri saya pun semakin besar. Saya siap memulai langkah baru, berbagi pengalaman dan menuliskannya. Percaya diri juga berpengaruh kepada penampilan lho… dengan percaya pada kemampuan diri maka aura positif kita akan terpancar dan otomatis menyatu dengan setiap penampilan kita sehingga terlihat semakin mantap dan bercahaya.

Mari berbagi pengalaman bagaimana sebuah Confidence Self (percaya diri) bisa mengubah hidup semakin berwarna dan menginspirasi. Post ini diikutsertakan dalam Blog Competition Serioxyl X IHB. Syarat dan ketentuan bisa dilihat di www.indonesian-hijabblogger.com

KETIKA ASI VS SUFOR

Pernah merasakan galau gara-gara asi susah keluar?
Dan ditambah saat si kecil menangis terus menerus karena sudah haus, Wah pasti panik ya mak?

Setiap wanita pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya termasuk dalam memberikan asupan makanan untuk si kecil. ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan terbaik untuk bayi walaupun diluar sana ditawarkan beragam merk susu formula termahal yang katanya berkualitas sama seperti ASI. Dalam kenyataannya ASI tetaplah yang terbaik.

Namun apa yang bisa dikatakan jika ASI belum juga keluar padahal sudah dirangsang dengan beragam cara. Perjuangan seorang ibu setelah melahirkan itu tidak berhenti setelah itu saja. Untuk memberikan ASI saja mereka harus berjuang lho?

Kenapa kok bisa terjadi? Wanita yang baru melahirkan air susunya belum bisa keluar banyak namun bisa terus dirangsang dengan diminumkan selalu kepada bayinya teruslah berusaha jangan menyerah dan akhirnya memakai susu formula saja sebagai penggantinya. ASI yang tidak diminumkan kepada bayi maka lambat laun akan berkurang produksinya. Maka teruslah berusaha ya ibu-ibu kasih makanan terbaik untuk anakmu. Banyak cara kok untuk meningkatkan produksi ASI agak terus melimpah produksinya, diantaranya:

  1. Berpikir tenang dan optimis bisa menyusui

Ibu yang setelah melahirkan rawan terkena babyblues (sebuah syndrome yang mengakibatkan perasaan sedih, kecewa dan frustasi). Untuk menghindarinya maka sebelum persalinan terjadi sadari kalau ada kemungkinan babyblues terjadi. Edukasi seluruh anggota keluarga akan kemungkinan ibu menderita hal ini sehingga keluarga tetap bisa memberikan dukungan pada proses menyusui ini. Dengan adanya dukungan maka rasa optimis ibu akan mucul dan ASI bisa mengalir lancar.

  1. Mintalah dukungan orang sekitar agar mereka bisa memberikan support pada anda

Edukasi keluarga ibu agar mengerti pentingnya ASI untuk bayi dan berikan ASI sampai berusia 6 bulan. Karena masih banyak masyarakat yang menganggap ASI tak penting, contohnya umur 2 bulan sudah diberikan makanan pendamping padahal diusia tersebut pencernaan bayi belum sempurna jadi tidak disarankan untuk memberikan makanan selain ASI.

  1. Perbanyak makan-makanan yang bergizi dan banyak makan sayuran hijau

Sayuran hijau dan buah-buahan dapat menambah produksi ASI karena banyak mengandung vitamin dan mineral. Ibu menyusui membutuhkan protein sekitar 20 gram lebih banyak daripada biasanya. Dalam kondisi normal, wanita membutuhkan sekitar 40 gram protein setiap harinya. Jadi dalam kondisi menyusui, dibutuhkan sekitar 60 gram protein setiap hari.

  1. Manajemen waktu ibu dengan baik

Setelah melahirkan biasanya ibu akan bertambah kerepotannya karena setiap jam harus memberikan ASI kepada di kecil otomatis waktu istirahat juga banyak berkurang. Ibu yang lelah maka akan memicu emosi dan stress, hal ini sangat tidak baik untuk produksi ASI.

  1. Bisa mengonsumsi suplemen pelancar asi yang aman. Contohnya : jamu herbal (gepyokan-istilah jawa), susu soya, susu almond dan lain-lain yang tentunya aman untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Anak yang intesif mendapatkan ASI eksklusif min 6 bulan pertama dan disapih pada usia 2 tahun memiliki kekebalan tubuh lebih tinggi daripada yang menggunakan sufor, mereka lebih tahan penyakit seperti flu dan panas. Ini terbukti dari banyaknya penelitian dari departemen kesehatan RI dan dari anak saya sendiri. Bonding antara ibu dan anakpun juga semakin kuat lho. Anak yang diberikan ASI biasanya terhindar dari obesitas dan perkembangan motorik juga sensoriknya cenderung lebih cepat.

Tapi bagaimana jika sudah diupayakan juga ASI tak kunjung keluar?

Dikasus lain ASI sudah keluar tetapi si kecil tidak mau menyusu maka karena ASI tidak diberikan maka otomatis ASI menjadi semakin berkurang produksinya. jikalau banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi maka diperbolehkan menggunakan Susu Formula. Namun disarankan berikan susu formula yang aman untuk buah hati, cek dulu bayi kita alergi atau tidak. Jangan karena dokter menganjurkan merk A maka serta merta orang tua memberikan susu formula tersebut kepada bayi. Berikan susu formula sesuai takaran yang tepat agar bayi Bunda terhindar dari obesitas dam juga berilah susu formula yang kandungan gulanya rendah.

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, walau terkadang ada cara-cara yang lebih baik untuk dilakukan agar si kecil bisa tumbuh dengan sehat sampai dewasa.

6 ALASAN KENAPA WANITA HARUS MANDIRI SECARA FINANSIAL

Di jaman serba modern seperti sekarang ini setiap orang dituntut untuk bisa melakukan apa saja dan setiap hal tersebut membutuhkan biaya. Tak ada yang murah sekarang, semua harga kebutuhan pokok seperti berlomba-lomba untuk naik, haduch… bagaimana nasib rakyat kecil ya. Untuk membeli beras saja mereka pasti akan kesulitan dan akhirnya mereka harus berhutang kesana kemari. Pinjam ke rentenir pun menjadi salah satu solusi untuk memecahkan masalah sementara walaupun setelah itu akan muncul masalah yang lebih besar lagi.

Terus bagaimana dengan ibu rumah tangga yang tidak bekerja sementara suami mereka hanya memiliki penghasilan yang cukup untuk makan dan sekolah anak. Pasti para ibu tidak mau tinggal diam kan melihat keadaan rumah yang kekurangan. Bagaimana memikirkan untuk kebutuhannya kalau anaknya saja untuk sekedar beli permen tak bisa. Padahal diluar sana banyak godaan bagi seorang wanita.

Berikut 5 alasan seorang wanita harus mandiri secara finansial :

  1. Penghasilan suami pas-pasan. Seorang wanita pasti memiliki banyak kebutuhan, contohnya : kosmetik, baju layak pakai, hijab (bagi yang berhijab) dan lain-lain namun itu smeua bisa dikesampingkan asal kebutuhan keluarga tercukupi. Lha kalau untuk makan saja pas-pasan gimana mau berpikir kebutuhan yang lain. Bisa makan saja sudah bersyukur kok mikir 4 sehat 5 sempurna. Mungkin begitulah seorang istri kebanyakan istri berpikir soal kebutuhan dirumah tangganya. Dengan istri ada penghasilan pasti akan sangat membantu jalannya perekonomian keluarga.
  1. Membahagiakan Orang Tua. Walau seorang istri tidak wajib bekerja dalam sebuah keluarga tetapi seorang wanita pasti ini membahagiakan orang tuanya karena beliau telah bersusah payah menyekolahkan, mendidik dan membiayai segala kebutuhan kita sampai dewasa. Kalau seorang wanita memiliki penghasilan sendiri maka dia bisa dengan leluasa membantu orang tuanya, jika mereka sakit kita ada tabungan untuk membantu pengobatan, bisa membelikan sedikit oleh-oleh untuk orang tua pasti hal ini akan menimbulkan kebanggaan tersendiri.
  1. Memberikan contoh yang baik untuk anak. Dengan bekerjanya seorang wanita maka anak-anak mereka juga akan bangga ternyata ibu mereka juga seorang yang hebat. Walaupun hanya dirumah dan banyak berkutat dengan urusan rumah tangga wanita bisa maju dan memiliki penghasilan sendiri. Dan memberikan contoh bahwa hidup itu perlu perjuangan tidak hanya dengan menengadahkan tangan maka uang akan turun sendiri.
  1. Memiliki tabungan sendiri. Kita tak pernah tahu kapan sebuah kebutuhan itu datang, apalagi kebutuhan yang tiba-tiba datang seperti anak sakit perlu berobat, ada sanak saudara yang ada hajatan otomatis kita mengeluarkan budget tambahan untuk itu. Walau sekarang kita masih muda ya ibu-ibu tapi kita juga perlu lho memikirkan untuk masa tua kita. Jangan sampai saat usia sudah senja kita jadi merepotkan anak dan cucu kita. Suatu kebanggaan kalau kita sudah mempersiapkan segalanya dan tidak memusingkan untuk masalah finansial. Menabung juga penting jikalau kita sedang menginginkan sesuatu seperti menabung untuk naik haji.
  2. Belajar untuk tidak selalu bergantung. Dengan seorang istri mandiri secara finansial maka dia juga bisa mengembangkan kemampuannya. Karena ibu rumah tangga pun bisa berkarier sukses walau itu dilakukan dirumah sambil momong anak dan pakai daster. Tidak perlu bingung untuk modal karena dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini, untuk berbisnis hanya bermodal gadget sudah bisa dapat duit yaitu dengan sistem dropship, sedangkan yang punya modal bisa dengan sistem reseller. Saat kita bisa berkarya maka orang tua, anak dan suami akan semakin bangga kepada kita, ibu rumah tangga karena selain bisa berpenghasilan kita masih bisa fokus mengurus rumah.
  1. Mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan terburuk. Setiap orang tidak ingin hal buruk menimpa dirinya, namun kalau memang hal tersebut dianugerahkan Tuhan kepada kita maka kita harus bisa kuat dan sabar karena selalu ada hikmah dibalik itu semua sebagai proses pendewasaan diri. Contoh hal terburuk: bercerai dengan suami, suami meninggal/ sakit/ cacat, anak perlu masuk sekolah yang bagus namun sedang kena bangkrut dan lain-lain. Banyak hal buruk bisa me
    nimpa kita, kapanpun dan dimanapun walau kita tak pernah menginginkannya. Dan semoga hal tersebut tidak terjadi pada kita dan keluarga kita. Aamiin…

Wanita sebenarnya menyimpan potensi yang luar biasa. Mereka memiliki bakat alami untuk menjadi sukses dan maju, namun hanya sedikit yang menyadarinya. Kekuatan terbesar seorang wanita itu ada dihatinya. Selama dia memiliki tekad dan semangat yang tidak pernah menyerah maka apapun bisa dia raih, termasuk kesuksesan itu sendiri. Halangan dan rintangan adalah yang biasa dalam hidup termasuk juga dalam dunia bisnis. Semakin banyak halangan akan memacu untuk berpikir kreatif, arahkan saja semua ke pandangan yang positif agar apa yang kita pikirkan dan lakukan berbuah manis.

USIA CANTIK DENGAN CEREBRAL PALSY

Saya seorang ibu dengan beragam aktivitas rumah tangga dan berupaya agar selalu aktif, mandiri walaupun harus melakukan semua hal dari rumah. Dikaruniai seorang putri cantik yang ceria, aktif dan kreatif sangat memberi warna dalam hidup saya. Membuat hari semakin semangat dan selalu berupaya memberi contoh yang baik untuknya, rasanya lengkap sudah saya sebagai wanita. Usia memang masih 29 tahun namun saya rasa usia yang cukup matang untuk melihat kehidupan dan berjuang untuk mendapatkan semua mimpi saya. Banyak hal yang dipelajari dari lingkungan karena guru terbaik dalam hidup adalah pengalaman dan lingkungan sekitar kita.

Namun sebahagianya wanita yang telah dikaruniai anak dan suami yang sayang  padanya akan terasa kurang lengkap jika buah hati kita tak bisa bertumbuh dengan normal. Erna Farida Lutfiana, inilah nama kakak sepupu saya yang hebat. Diusianya ke 39 mbak ana (begitu panggilan beliau dikeluarga kami) bisa menjadi ibu yang tegar dan hebat. Hati ibu siapa yang tak teriris jika melihat buah hatinya tak bisa tumbuh normal. Cerebral palsy telah membuat Adiba Lazuardi Musaffa, anak kedua dari emak hebat ini harus terus menggantungkan hidupnya pada orang lain. Diusianya yang ke 6 Adiba belum bisa menelan makanan, makanan harus diblender halus dan disendokkan ke dalam mulutnya. Adiba juga belum bisa menghisap tapi alhamdulillah dia masih bisa minum dengan menggunakan botol dot.

Apakah emak-emak tau apa CP atau Cerrebral palsy?

Cerebral palsy adalah kondisi dimana otak dan saraf tidak bisa berkoordinasi dengan baik (otak mengalami kelayuan akibat virus atau bakteri), ini biasanya terjadi sebelum proses melahirkan dan sang anak biasanya terlahir prematur. Memang adib terlahir prematur dan karena inilah saat bayi dia sering bolak balik masuk rumah sakit untuk perawatan intesif dan melakukan terapi. Bukan kondisi yang mudah harus mengurus seorang anak lelaki dengan kebutuhan khusus yang pada saat itu sang suami harus bekerja di luar kota. Saya tidak bisa membayangkan betapa lelahnya badan dan pikiran harus bolak balik ke rumah sakit sendiri. Memang kekuatan ibu itu terpancar dari kasih sayang dan semangat yang tak pernah pudar y? Sabar sekali mbak ana harus terus menggendong Adiba karena saat umur 4 tahun dia belum bisa berjalan, diajaknya ngobrol, becanda, dan bermain bersama. Walau Adiba hanya bisa diam dan tersenyum namun tak menyurutkan kasih sayangnya. Perjuangan untuk merawat si kecil dianggapnya sebagai ibadah kepada Alloh SWT tak ada perasaan mengeluh, tak ada perasaan dongkol dan menghakimi nasib. Kesabaran dan ketegaran selama ini terus dipupuknya karena mbak ana sadar terapi bagi penyandang cerebral palsy itu seumur hidup. Tapi terapi paling dasyat adalah kasih sayang orang tua, energi positif akan terpancar dan akan menyalur pada anak ketika terus yakin juga berusaha. Alhamdulillah diusianya ke Adiba sudah bisa jalan, sudah bisa lari, main ayunan, manjat-manjat juga… Terapy yg dibutuhkan lebih ke Terapy Okupasi. Jadi di rumah prakteknya ya aku ajak ngobrol. Saling menatap mata. Jadi… main di PAUD itu salah satu Terapy Sosiologi juga… Dia seneng berbaur dengan anak2 yg sekolah di situ. Meskipun cuma senyum2 & tertawa doang. Karena Adib memang belum bisa bicara. Begitu ungkap ibu yang memilih menjadi ibu rumah tangga fulltime setelah menikah.

Penyandang cerebral palsy memiliki kecerdasan seperti anak pada umumnya tetapi mereka terhampat dalam komunikasi dan gerak. Suatu ketika mbak bercerita,  “Awalnya, Adib mau disekolahkan di Sekolah Luar Biasa (SLB). Di Kediri ada SLB yang bagus mutunya. Kami pernah ke sana. Namanya kalau tidak salah SLB BUDI ASIH. Sebenarnya pas untuk Adib, karena di situ untuk Tuna Grahita & Tuna Rungu…(Adib menyandang disabilitas keduanya juga selain CP). Tapi, ternyata masuk sekolah disana ada syarat yang tidak bisa dipenuhi oleh Adib. Karena meskipun namanya SLB tapi sekolah tersebut mencetak anak-anak berkebutuhan khusus yang mandiri. Mampu latih dan mampu hidup mandiri. Lulusannya selalu mempunyai ketrampilan. Dan Adib tidak memenuhi kualifikasi persyaratan untuk “Mampu Latih” tersebut. Kepala Sekolahnya menyarankan agar Adib di-terapy-kan saja. Karena memang itu juga yang disarankan dokter anak. Tapi, Adib sepertinya tidak suka terapy karena dia selalu nangis dan rewel saat sesi berlangsung. Waktu yang diharuskan 60 menit paling yang “berhasil” cuma 20 menit saja. Rugi biaya dan akhirnya stop terapi. Tapi Adib bukanlah anak yang betah untuk tinggal dirumah. Maunya main, keluar ke rumah tetangga. Hasratnya seperti anak seusianya.

Fa bi ayyi ālā’i Rabbikumā tukażżibān

Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?

Saat hidup manusia dilanda cobaan gampang sekali berputus asa dan mengeluh kepada Tuhan mereka lupa setiap hal yang diberikan kepada manusia itu sudah sesuai takarannya. Sudah pas tak lebih dan tak kurang…Ada berjuta hikmah yang tersimpan dalam setiap cobaan. Jadi janganlah bersedih.
Senyuman seorang anak itu merontokkan segala kegalauan ibu. Semangat yang menipis dalam seketika bisa terisi full. Jika dia sakit atau menangis rasanya bagai tercabik hati para ibu. Namun dalam setiap repotnya mengurus Adiba, aku melihat wajah mbak ana tetap bersinar dan bersih. Walaupun tahun depan usianya akan memasuki kepala 4, baginya itu adalah sebuah pencapaian pendewasaan diri untuk lebih mengenal diri dan merecharge segalanya ke arah yang lebih baik. Dan ternyata ada rahasia lain dibalik wajah bening mbak ana yaitu LorealDermalift yang menjadi self healing bagi kulit wajah yang didera berbagai kosmetik, terkena polusi udara dan sinar matahari saat beraktivitas sehari-hari mulai dari aktifitas harian dirumah sampai mengantar terapi Adiba.

L’Oreal Paris Revitalift with Dermalift anti-wrinkle + Firming memiliki 8 kandungan ‘Natural Lifter’ (Perawat Kekencangan Alami) yaitu: Collagen I, III, VII.
Produk terbaru L’Oreal ini juga mengandung Fibrilin, Elastin, ketiga kandungan ini membantu menjaga kekencangan kulit. Sementara Chondritin S akan mengembalikan elastisitas kulit dari dalam (kulit lapisan epidermis), Collagen IV, Perlecan, Integrins akan memastikan lapisan berbeda dalam kulit tetap menyatu.

Kandungan formula Pro Retinol A melengkapi dengan fungsinya menyamarkan kerutan.

Selain itu, #LorealDermalift mengandung Centella Asiatica dengan 2 aksi:

  1. Mencegah timbulnya kerutan dari dalam.
  2. Memperbaiki kerutan dari luar.

Tuh. Semua kelebihan dari revitalift-dermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert.

Wah ini rahasia harus dicatet nih biar pas usia cantikku tiba aku bisa semakin cantik dan semangat terus berkarya, Ingin merasakan keajaiban Loreal dermalift juga jadinya. Selain beli di toko kosmetik atau supermarket, L’oreal bisa juga dibeli di toko online terkemuka lho seperti Blibli.

Nah, punya pengalaman seputar #usiacantik atau punya ibu, kakak, saudara, teman yang menginspirasi di #usiacantik? Yuk ikutan lomba blog seru bersama Blogger Perempuan. Cek infonya di website Blogger Perempuan ya.

Mom vs Gadget

Mom vs Gadget

Pada jaman sekarang memang kecanggihan teknologi tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan. Bagaimana tidak, sekarang pekerjaan bisa dilakukan via online hanya mengandalkan HP maka kita akan punya banyak jaringan diseluruh dunia dan juga kita bisa melakukan apa saja dimana saja. Orang berjualan sekarang tidak melulu hanya dilakukan pada satu tempat saja. Saat jalan-jalan, masak bahkan bisa jualan di tempat tidur hanya dengan menggunakan daster. Jadi kecanggihan teknologi itu perlu. Tetapi apakah semua itu selalu berdampak positif tentu saja tidak tergantung masing-masing personalnya memang kan?

Saya seorang ibu rumah tangga yang resign dari tempat kerja saat hamil dan sekarang memutuskan untuk berkarir dirumah. Saat awal harus menghabiskan waktu hanya dirumah dan tidak mendapatkan penghasilan sendiri tentu bukan hal yang gampang, yang tadinya bebas beli apa saja sesuka hati sekarang harus berpikir dua kali dengan sisa uang yang ada. Setiap hari kalau sudah selesai urusan domestik hanya sibuk bermain HP saja. Lama-lama menimbulkan kebosanan dan saya berpikir daripada HP ini hanya untuk main-main saja tidak bisa menghasilkan uang maka lebih baiknya main sambil kerja. Dan setelah browsing mencari ide apa yang cocok untuk seorang ibu baru, yang ingin punya bisnis tetapi tidak punya modal akhirnya jadilah saya seorang marketer online yang menjualkan produk orang dengan mendapatkan bayaran tertentu tergantung berapa banyak kita bisa menjualkan barang tanpa harus mengeluarkan modal, sistem yang seperti namanya Dropship. Tentu sangat menyenangkan memang bisa bekerja kapan saja, bersama keluarga selalu, bisa menemani anak bermain sepanjang waktu. Oh… memang asyik sekali bisa melihat perkembangan anak dari waktu ke waktu. Orang lain yang melihat pasti mengira ibu rumah tangga itu banyak waktu luangnya, bisa melakukan semaunya sendiri, mau pergi kemanapun oke saja dan lain sebagainya. Dari semua kemudahan yang dibayangkan itu pasti ada sesuatu hal yang hanya diketahui oleh seorang ibu rumah tangga bagaimana repotnya mengurus rumah, bagaimana caranya bisa sukses walaupun hanya mengandalkan bekerja dari rumah, harus bijak dalam menentukan keputusan rumah tangga dan keuangan. Kalau ada apa-apa dengan kondisi rumah ataupun anaknya siapa pertama yang disalahkan pastinya ibunya dong yang hampir 24 jam berada di rumah dan menemani si kecil.

Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja secara online tentu saja menggunakan hp adalah hal yang wajar dan memang penghasilan didapatkan dari sana, betul tidak? Namun hati-hati ada dampak kecil yang bisa berubah jadi besar dan wajib diwaspadai para emak online. Risiko yang mengintai ini diantaranya:

  1. Si kecil rawan kecanduan gadget. Kadang kita sangking asyiknya melayani customer yang sedang mampir di toko online kita, para emak ini lupa kalau ada si kecil yang senantiasa merekam tingkah laku kita. Orang tua adalah role model untuk anaknya. Saat kita memegang Hp terus-menerus maka si kecil merekam oh.. itu apa ya kok asyik sekali ibu waktu memegangnya. Kadang secara spontan, karena tidak mau diganggu dan kerjaan jadi kacau maka si ibu lebih baik mengalah dan memilih bermain dengan si kecil. Tapi si kecil tetap saja sudah menganggap kalau HP itu mainan mengasyikan sampai akhirnya dia utik-utik sendiri dan menemukan hal yang asyik. Sampai akhirnya agar si anak dan ibu bisa berjalan berbarengan si kecil gembira dapat mainan baru berupa gadget dan si ibu bisnis online nya tidak terganggu. Maka dari sinilah dampak baru dirasakan. Kalau diteruskan maka si kecil akan kecanduan HP dan memilih HP daripada berinteraksi dengan lingkungan sekitar, mata indah mereka akan terancam rusak lebih dini karena cahaya dari HP. Dari sinilah si ibu online di tuntut untuk lebih bijak menyingkapi keadaan bukan karena ingin sukses dan tetap berada dekat keluarga malah mengakibatkan keluarga terancam.
  2. Manajemen waktu menjadi amburadul. Bagi ibu yang sedang menjalani bisnis baik online maupun offline dituntut untuk menomorsatukan keluarga, jangan karena bisnis sedang berkembang maka mengesampingkan segala kewajiban sebagai istri juga ibu. Kita sebagai wanita harus tahu kapan harus menjadi istri, ibu dan juga seorang pembisnis. Oleh sebab itu dibutuhkan catatan to do list mana yang harus dilakukan terlebih dahulu dan semua yang sudah dicatat harus kita lakukan sesuai urutannya agar bisa berjalan beriringan.
  3. Dunia si ibu hanya seputar online. Karena keasyikan dengan berbagai hal yang disuguhkan dalam dunia maya maka dunia yang sebenarnya menjadi aneh. Kalaupun bertemu dengan teman, atau saudara tetap mata melirik ke gadget sedangkan telinga dan bibir berusaha tetap bersuara. Ada baiknya saat kita bertemu orang gadget masuk saku dan fokus pada lawan bicara kita dengan begitu mereka merasa dihargai
  4. Mengancam kestabilan emosi. Terlalu lama di depan laptop, hp, TV tentu bukan hal yang baik kan? Mata lelah, punggung pegal, kadang lapar pun tak dirasa kalau sedang keasyikan kalau ini banyak yang mengalami para ABG. Rasa capek memicu kita untuk bersikap semaunya sendiri, uring-uringan sehingga anak menjadi korban, pekerjaan rumah terbengkalai. Belum lagi kalau bertemu customer yang suka PHP haduch bikin awet emosi jiwa nya.
  5. Butuh budget tambahan untuk bisa tetap online. Sebagai pembisnis online tentu dibutuhkan dana tambahan agar bisa terus tersambung ke internet. Oleh karena itu antara pengeluaran dan pemasukan haruslah seimbang ya mak emak.

Apapun yang dilakukan seorang ibu baik itu dia bekerja diluar rumah ataupun didalam rumah dia tetap menomorsatukan keluarganya. Dengan niat membantu suami untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Ibu tetaplah ibu dengan semua profesinya dia tetap menyayangi anaknya dengan segala keterbatasannya. Air mata dan rintangan takkan menghapus niatnya untuk menjadi sukses. Keberhasilan tidak hanya milik wanita yang bekerja dikantor atau yang memiliki usaha mewah diluar sana namun ibu rumah tangga pun sanggup untuk menjadi sukses walau dia berada di rumah. Karena kesuksesan tidak hanya milik dia sendiri tapi kesuksesan bersama suami, anak dan keluarganya bisa menjadi lebih berharga.

#Bitread

#EmakPintar

IBU PERCAYALAH DENGAN HATIMU

Semenjak menikah aku tak menyangka akan secepatnya menjadi ibu, tapi itulah yang namanya karunia Tuhan tak ada seorangpun yang menduganya. Karena banyak pasangan suami istri yang menikah sekian tahun tapi belum juga dikaruniai seorang buah hati walaupun sudah melakukan segala program kehamilan. Tapi apapun yang telah Tuhan berikan kepada kita harus disyukuri karena mungkin itulah yang terbaik untuk saat ini.

“Ketika seorang anak lahir maka seorang ibu juga lahir” Seorang ibu belum ada ketika dia belum hamil dan melahirkan, disinilah kehidupan akan dimulai. Saat hamil untuk pertama kalinya itulah sebuah keajaiban pertama bagi seorang calon ibu dimulai. Disemester pertama seorang ibu merasakan mual, muntah, lemas dan tidak enak makan semua harus dilalui demi yang dicintai, siapa lagi kalau bukan untuk buah hati yang dikandungnya, semester kedua baru agak terasa lebih baik tapi itupun tak berlangsung lama.Disemester ketiga mulai terasa ada sesuatu dalam perut yang mulai aktif  bergerak-gerak seakan-akan mengajak untuk bercanda dengan sang iu. Dengan perut yang sudah mulai membesar, membawa buah cintanya kemana-mana sampai akhirnya tinggal menunggu detik-detik perjuangan antara hidup dan mati untuk melahirkan sang buah hati tercinta. Dan bagi seorang ibu itu adalah hal yang luar biasa.

Bagi seorang wanita yang pertama kali hamil dan harus melahirkan semua rasa itu sangatlah baru. Sebuah rasa khawatir akan terjadi sesuatu yang muncul bersamaan dengan rasa sakit yang teramat sangat bercampur menjadi satu sampai tak ada ungkapan yang bisa menggambarkannya. Ingin rasanya menyudahi rasa sakit itu tapi apalah daya si baby masih mencari jalan keluarnya sendiri. Jam demi jam berlalu masih saja belum mereda sakitnya malah semakin bertambah seperti ada yang mendorong keluar dari rahim. Oh ….Tuhan inilah perjuangan seorang ibu yang telah mengandung 9 bulan dengan segala kepayahan, segala sakit dan rasa tak enak ditubuhnya ditahannya demi si buah hati, sekarang masih harus berjuang merasakan rasa sakit yang pertama dirasakan. Ugghhh….terasa seperti ada yang hendak keluar dengan segala sisa kekuatan yang ada si ibu terus berusaha, sampai akhirnya si kecil mau menengok dunia dan keluarlah seorang anak dengan paras yang rupawan menjadi obat paling mujarab untuk mengobati segala sakit yang telah dirasakan. Suara tangisannya memecahkan air mata seorang ibu, membuat perasaannya melambung tak karuan. Oh … Tuhan akhirnya aku menjadi seorang ibu. Sebuah rasa yang tak percaya yang tak pernah dirasakan sebelumnya.

Sekaranglah perjuangan ibu dimulai, setelah melahirkan bukan hal yang gampang bagi seorang wanita yang pertama kali menjadi ibu  untuk melakukan semua hal. Kadang dia harus mengalami babyblues syndrome sebuah kondisi dimana muncul perasaan gundah atau sedih yang dialami para ibu pasca melahirkan. Belum lagi ibu harus begadang tengah malam untuk menyusui si kecil, mengganti popoknya dan mengendong untuk menidurkannya kembali, belum lagi dengan urusan rumah tangga yang antri untuk disentuh dengan tangan lembutnya. Wajah yang cantik, tangan yang lentik dan tubuh yang aduhai dulu jaman masih gadis kini berubah tak terawat. Mana ada waktu dia mengurus itu semua, dulu dia rajin ke salon setiap bulan, senam setiap hari, keluar hang out bersama teman-teman tapi setelah ada si mungil maka dunianya hanya menjadi cerah ketika melihat senyumnya, binar dimatanya dan melihat wajah lucunya.

Seorang ibu meninggalkan semua yang diimpikannya demi si buah hati. Dia keluar dari kerjanya agar bisa menjadi fullmom yang bebas memberikan kasih sayang pada anaknya. Bukan hal yang mudah ketika seorang ibu harus full dirumah ketika dulu dia bekerja memiliki gaji sendiri bisa membeli semuanya yang diinginkan tapi sekarang… dia harus membagi gaji suami dengan segala kebutuhan bulanan, dengan kebutuhan si kecil, tabungan masa depan terus bagaimana ketika ingin membeli perlengkapan kosmetik, baju atau semacamnya. Ah … itu urusan nomor kesekian. Semua harus disingkirkan jauh-jauh dari pikirannya ada yang lebih penting dari keperluannya. Suami dan anak adalah harta terbesar untuknya.

Ketika istrimu nampak tak terawat bukan berarti dia malas berdandan… wahai pak suami

Bagaimana dia mau berdandan ketika memegang bedak dan lipstick, dia mendengar suara tangis anakmu yang memintanya untuk segera menggendongnya.

Ketika istrimu malas ke salon padahal kamu sanggup membayarnya bukan karena dia tidak menghargaimu tapi dia mementingkan segala kebutuhan rumah dan anaknya, ada beras yang harus dibelinya, ada biaya sekolah yang harus disiapkannya dan yang lainnya.

Ketika saat malam tiba, istrimu malas-malasan untuk melayanimu bukan karena dia mau durhaka padamu tapi rasa lelah yang dia tahan semenjak pagi sampai malam untuk mengurus rumah, mengurusmu dan mengurus buah hatinmu sangat menyita tenaganya.

Seorang wanita akan mengerti arti seorang ibu ketika dia sudah menjadi ibu. Segala perjuangan ibu dengan segala tangis dan keringatnya ketika dia mendidik anaknya akan sangat terasa. Dan dalam hati ini akan mengatakan aku sangat menyayangimu ibu, sangat mencintaimu dan maafkan anakmu yang belum bisa membanggakanmu. Tapi jauh dalam hatiku yang terdalam aku akan senantiasa mengatakan “Aku bangga menjadi seorang Ibu” dengan segala airmata dan pengorbanannya