USIA CANTIK DENGAN CEREBRAL PALSY

Saya seorang ibu dengan beragam aktivitas rumah tangga dan berupaya agar selalu aktif, mandiri walaupun harus melakukan semua hal dari rumah. Dikaruniai seorang putri cantik yang ceria, aktif dan kreatif sangat memberi warna dalam hidup saya. Membuat hari semakin semangat dan selalu berupaya memberi contoh yang baik untuknya, rasanya lengkap sudah saya sebagai wanita. Usia memang masih 29 tahun namun saya rasa usia yang cukup matang untuk melihat kehidupan dan berjuang untuk mendapatkan semua mimpi saya. Banyak hal yang dipelajari dari lingkungan karena guru terbaik dalam hidup adalah pengalaman dan lingkungan sekitar kita.

Namun sebahagianya wanita yang telah dikaruniai anak dan suami yang sayang  padanya akan terasa kurang lengkap jika buah hati kita tak bisa bertumbuh dengan normal. Erna Farida Lutfiana, inilah nama kakak sepupu saya yang hebat. Diusianya ke 39 mbak ana (begitu panggilan beliau dikeluarga kami) bisa menjadi ibu yang tegar dan hebat. Hati ibu siapa yang tak teriris jika melihat buah hatinya tak bisa tumbuh normal. Cerebral palsy telah membuat Adiba Lazuardi Musaffa, anak kedua dari emak hebat ini harus terus menggantungkan hidupnya pada orang lain. Diusianya yang ke 6 Adiba belum bisa menelan makanan, makanan harus diblender halus dan disendokkan ke dalam mulutnya. Adiba juga belum bisa menghisap tapi alhamdulillah dia masih bisa minum dengan menggunakan botol dot.

Apakah emak-emak tau apa CP atau Cerrebral palsy?

Cerebral palsy adalah kondisi dimana otak dan saraf tidak bisa berkoordinasi dengan baik (otak mengalami kelayuan akibat virus atau bakteri), ini biasanya terjadi sebelum proses melahirkan dan sang anak biasanya terlahir prematur. Memang adib terlahir prematur dan karena inilah saat bayi dia sering bolak balik masuk rumah sakit untuk perawatan intesif dan melakukan terapi. Bukan kondisi yang mudah harus mengurus seorang anak lelaki dengan kebutuhan khusus yang pada saat itu sang suami harus bekerja di luar kota. Saya tidak bisa membayangkan betapa lelahnya badan dan pikiran harus bolak balik ke rumah sakit sendiri. Memang kekuatan ibu itu terpancar dari kasih sayang dan semangat yang tak pernah pudar y? Sabar sekali mbak ana harus terus menggendong Adiba karena saat umur 4 tahun dia belum bisa berjalan, diajaknya ngobrol, becanda, dan bermain bersama. Walau Adiba hanya bisa diam dan tersenyum namun tak menyurutkan kasih sayangnya. Perjuangan untuk merawat si kecil dianggapnya sebagai ibadah kepada Alloh SWT tak ada perasaan mengeluh, tak ada perasaan dongkol dan menghakimi nasib. Kesabaran dan ketegaran selama ini terus dipupuknya karena mbak ana sadar terapi bagi penyandang cerebral palsy itu seumur hidup. Tapi terapi paling dasyat adalah kasih sayang orang tua, energi positif akan terpancar dan akan menyalur pada anak ketika terus yakin juga berusaha. Alhamdulillah diusianya ke Adiba sudah bisa jalan, sudah bisa lari, main ayunan, manjat-manjat juga… Terapy yg dibutuhkan lebih ke Terapy Okupasi. Jadi di rumah prakteknya ya aku ajak ngobrol. Saling menatap mata. Jadi… main di PAUD itu salah satu Terapy Sosiologi juga… Dia seneng berbaur dengan anak2 yg sekolah di situ. Meskipun cuma senyum2 & tertawa doang. Karena Adib memang belum bisa bicara. Begitu ungkap ibu yang memilih menjadi ibu rumah tangga fulltime setelah menikah.

Penyandang cerebral palsy memiliki kecerdasan seperti anak pada umumnya tetapi mereka terhampat dalam komunikasi dan gerak. Suatu ketika mbak bercerita,  “Awalnya, Adib mau disekolahkan di Sekolah Luar Biasa (SLB). Di Kediri ada SLB yang bagus mutunya. Kami pernah ke sana. Namanya kalau tidak salah SLB BUDI ASIH. Sebenarnya pas untuk Adib, karena di situ untuk Tuna Grahita & Tuna Rungu…(Adib menyandang disabilitas keduanya juga selain CP). Tapi, ternyata masuk sekolah disana ada syarat yang tidak bisa dipenuhi oleh Adib. Karena meskipun namanya SLB tapi sekolah tersebut mencetak anak-anak berkebutuhan khusus yang mandiri. Mampu latih dan mampu hidup mandiri. Lulusannya selalu mempunyai ketrampilan. Dan Adib tidak memenuhi kualifikasi persyaratan untuk “Mampu Latih” tersebut. Kepala Sekolahnya menyarankan agar Adib di-terapy-kan saja. Karena memang itu juga yang disarankan dokter anak. Tapi, Adib sepertinya tidak suka terapy karena dia selalu nangis dan rewel saat sesi berlangsung. Waktu yang diharuskan 60 menit paling yang “berhasil” cuma 20 menit saja. Rugi biaya dan akhirnya stop terapi. Tapi Adib bukanlah anak yang betah untuk tinggal dirumah. Maunya main, keluar ke rumah tetangga. Hasratnya seperti anak seusianya.

Fa bi ayyi ālā’i Rabbikumā tukażżibān

Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?

Saat hidup manusia dilanda cobaan gampang sekali berputus asa dan mengeluh kepada Tuhan mereka lupa setiap hal yang diberikan kepada manusia itu sudah sesuai takarannya. Sudah pas tak lebih dan tak kurang…Ada berjuta hikmah yang tersimpan dalam setiap cobaan. Jadi janganlah bersedih.
Senyuman seorang anak itu merontokkan segala kegalauan ibu. Semangat yang menipis dalam seketika bisa terisi full. Jika dia sakit atau menangis rasanya bagai tercabik hati para ibu. Namun dalam setiap repotnya mengurus Adiba, aku melihat wajah mbak ana tetap bersinar dan bersih. Walaupun tahun depan usianya akan memasuki kepala 4, baginya itu adalah sebuah pencapaian pendewasaan diri untuk lebih mengenal diri dan merecharge segalanya ke arah yang lebih baik. Dan ternyata ada rahasia lain dibalik wajah bening mbak ana yaitu LorealDermalift yang menjadi self healing bagi kulit wajah yang didera berbagai kosmetik, terkena polusi udara dan sinar matahari saat beraktivitas sehari-hari mulai dari aktifitas harian dirumah sampai mengantar terapi Adiba.

L’Oreal Paris Revitalift with Dermalift anti-wrinkle + Firming memiliki 8 kandungan ‘Natural Lifter’ (Perawat Kekencangan Alami) yaitu: Collagen I, III, VII.
Produk terbaru L’Oreal ini juga mengandung Fibrilin, Elastin, ketiga kandungan ini membantu menjaga kekencangan kulit. Sementara Chondritin S akan mengembalikan elastisitas kulit dari dalam (kulit lapisan epidermis), Collagen IV, Perlecan, Integrins akan memastikan lapisan berbeda dalam kulit tetap menyatu.

Kandungan formula Pro Retinol A melengkapi dengan fungsinya menyamarkan kerutan.

Selain itu, #LorealDermalift mengandung Centella Asiatica dengan 2 aksi:

  1. Mencegah timbulnya kerutan dari dalam.
  2. Memperbaiki kerutan dari luar.

Tuh. Semua kelebihan dari revitalift-dermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert.

Wah ini rahasia harus dicatet nih biar pas usia cantikku tiba aku bisa semakin cantik dan semangat terus berkarya, Ingin merasakan keajaiban Loreal dermalift juga jadinya. Selain beli di toko kosmetik atau supermarket, L’oreal bisa juga dibeli di toko online terkemuka lho seperti Blibli.

Nah, punya pengalaman seputar #usiacantik atau punya ibu, kakak, saudara, teman yang menginspirasi di #usiacantik? Yuk ikutan lomba blog seru bersama Blogger Perempuan. Cek infonya di website Blogger Perempuan ya.

Penulis: Maduretno

MaduretnoLahir di Tulungagung, Jawa Timur Ibu Rumah Tangga dengan seorang putri yang bersemangat menunjukkan kalau IRT bisa sukses di rumah Menulis dan berbisnis adalah hal menyenangkan dan membawa banyak berkah Menjadi Kontributor EmakPintar.Asia dan menghhias blog menjadi favorit baru penghilang lelah dan berbagi berkah ilmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.